Tips Mendapatkan Hasil Cetak Printer Yang Maksimal

Printer yang memiliki Kualitas baik adalah printer yang mempunyai harga di atas rata-rata, sangat benar bahwa harga juga mempengaruhi kualitas pencetakan, namun perlu anda perlu tahu juga, pada dasarnya ada juga beberapa point penting yang perlu anda perhatikan jika anda ingin memaksimalkan hasil cetak pada printer anda.

Pada tulisan ini, kita akan mencoba untuk fokus atau mencoba untuk membagikan cara atau Tips Mendapatkan Hasil Cetak Printer yang Maksimal, artinya apapun printer yang anda gunakan, anda bisa memaksimalkan hasil cetakan yang dihasilkan nanti, dan tentunya itu tergantung bagaimana anda mengoperasikan Printer anda.

Tentunya, terlepas dari pada itu ada beberapa hal yang secara garis besar  perlu anda penuhi untuk mendapatkan itu semua. Nah apa sajakah Itu? Disini ada beberapa point antara lain :

  • Merek Printer
  • Kualitas Tinta
  • Kualitas Kertas
  • Setting
  • Kondisi
Jadi ada 5 Point dasar yang perlu anda pahami ketika anda ingin mendapatkan hasil cetak yang maksimal
Mengapa? Karena meskipun anda memiliki Printer yang memiliki Kualitas, tapi cara anda menggunakannya yang kurang maksimal, maka bisa di jamin hasilnya cuman sampai disitu-situ saja. Misalnya saja anda mempunyai printer Khusus Untuk Mencetak Foto, tapi Tinta yang anda pakai itu memiliki kualitas Kurang baik, maka Bisa kita jamin Hasil Cetaknya juga tidak bisa  maksimal seperti yang anda harapkan.

Jadi kita coba bahas dari ke 5 Point di atas
  • Tipe Printer
    sejauh ini kita kenal ada dua jenis atau tipe pada printer Ink Jet ada yang menggunakan 4 Tinta, ada juga yang menggunakan 6 tinta, Kedua perbedaan di atas sangat mempengaruhi kualitas, Jika anda fokus untuk memburu kualitas gambar, maka  sebaiknya gunakan yang 6 tinta, karena memang intinya printer Jenis ini memang khusus dirancang untuk mencetak dokumen  yang bergambar, Dalam hal ini Foto Misalnya. lain halnya yang 4 tinta, Printer ini memang bisa mencetak gambar, namun itu tadi, kualitas gambar yang di hasilkan juga tak sebanding dengan printer yang menggunakan 6 tinta. Namun kelebihannya yaitu daya atau kecepatan cetak printer jenis ini, melebihi dari Printer yang 6 tinta. jadi intinya disini Tipe Printer juga mempengaruhi Kualitas cetakan anda nantinya.
  • Kualitas Tinta
    Yang kedua adalah Kualitas Tinta yang anda gunakan, hal ini juga sangat besar pengaruhnya terhadap akhir pencetakan anda, masih ada kaitannya dengan di atas, artinya meskipun anda menggunakan Printer yang dilengkapi dengan 6 tinta, namun anda menggunakan tinta yang biasa-biasa saja, maka bisa kita jamin hasilnya juga sampai itu-itu saja. Selain itu bahan pertimbangan lainnya adalah, perlu juga anda tahu bahwa Tinta juga mempengaruhi terhadap Kinerja Head, Olehnya itu kalau anda belum tahu kriteria Atau Tinta yang baik untuk kita gunakan silahkan anda Baca
    Memilih Tinta Yang Baik Untuk Printer
  •  Kualitas Kertas
     
    Salah satu hal penting yang perlu anda perhatikan adalah Kualitas Kertas yang anda gunakan, Khususnya jika kita berbicara tentang masalah Kualitas Gambar, apalagi jika anda gunakan untuk keperluan cetak Foto, Hal ini sangat berperan penting. Untuk itu, disini saya bagikan tips bagaimana mengetahui kertas poto yang cocok atau baik yang bisa anda gunakan sebagai referensi nantinya.

    • Pilihlah Kertas yang memiliki kadar Glossy yang tinggi, Karena kertas seperti itu selain bisa memberikan kualitas gambar yang mengkilap, detil gambar juga semakin terasa.
    • Selain itu, dalam hal memilih kertas, pada dasarnya kertas yang memiliki kualitas terbaik adalah kertas yang tidak terlalu tebal, namun Padat,
    • Lalu bagian belakang kertas tersebut tidak terlalu Kasar, Dan jika terkena dengan air, maka air tersebut tidak meresap begitu saja

      Masalah harga, memang kertas seperti yang terurai di atas termasuk kategori mahal, namun ada juga kok, kertas yang relative murah, namun Sudah bisa memenuhi beberap point di atas, artinya anda tidak perlu menggunakan kertas yang terlalu mahal, selama kertas tersebut sudah bisa memenuhi kriteria di atas, maka kertas tersebut sudah layak anda pakai untuk mendapatkan Hasil Cetak yang Maksimal
  • Setting Printer
    Dan yang tak kalah penting lagi adalah, untuk mendapatkan Kualitas Maksimal, perhatikan setting printer anda, Pilihlah Setting HIGH pada Kuality Pencetakan anda.
  • Kondisi PrinterYang terakhir adalah Pastikan kalau Printer anda dalam keadaan fit untuk melakukan aktivitasnya, Utamanya pada bagian Head,karena di setting bagaimana pun jika Printer anda bermasalah pada Headnya, maka Hasilnya sudah bisa kita pastikan tidak akan memuaskan. Untuk itu ketahui dulu, caranya Lakukan Nozzle Check, disitu bisa kita lihat dengan jelas, yang mana tinta yang berfungsi dengan maksimal, kalau hasil cetak bergari Coba lakukan head Cleaning, kalau belum tuntas juga itu artinya ada masalah pada Head saudara.

    Jika ada memiliki Masalah pada Point ini anda bisa mencoba cara ini :

Silahkan di terapkan, semoga tulisan ini bermanfaat, jika ada yang ingin dipertanyakan silahkan meninggalkan pertanyaan melalui komentar .

Comments

Popular Posts